Malang diguncang Gempa Tektonik Lima detik


Gempa tektonik berkekuatan 4,9 skala richter (SR) terjadi pada Selasa malam (9/6) mengguncang Malang Raya sekitar pukul 22.42. Lama getaran itu sendiri terasa sekitar 5 detik.

Data dari Stasiun Geofisika Karangkates Malang menyebutkan, lokasi gempa berada di posisi 08.76 lintang selatan dan 112.51 bujur timur. Pusat gempa berada di laut selatan pada kedalaman 15 kilometer. Tepatnya berada di 68 kilometer selatan Karangkates dan 95 kilometer tenggara Blitar.

Gempa yang dirasakan juga oleh masyarakat di Blitar dan Tulungagung itu masuk dalam skala II dan III MMI (modified marcalli intensity). Yakni gempa yang bisa dirasakan beberapa orang dan benda-benda yang bergantungan bergoyang. Getaran gempa bisa dirasakan nyata dalam rumah seperti ada truk besar yang melintas.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang Adi Supriyanto mengatakan, gempa yang terjadi Selasa malam tak berpotensi menyebabkan tsunami. Gempa terjadi hanya karena ada benturan lempeng tektonik Indo Australia di selatan Jatim yang bergerak ke arah utara. Akibatnya terjadi benturan dengan lempeng Eurasia.

Jenis gempa dengan skala 4,9 SR ini tak menyebabkan jatuhnya korban ataupun kerusakan. “Kecil kemungkinan terjadi gempa susulan yang dirasakan,” terang Adi.

Dibandingkan dengan 2008 lalu, jumlah gempa yang dirasakan mengalami penurunan. Tahun lalu, jumpa gempa yang dirasakan sebanyak 10 kali. Yang terbesar adalah 5,9 SR pada 20 Juli 2008 berpusat di Jogjakarta. Sedangkan untuk gempa yang terekam, setidaknya sejak awal tahun hingga akhir Mei lalu sudah terjadi 114 gempa.

“Gempa yang terekam ini tak dirasakan getarannya oleh masyarakat Malang. Tapi hanya terekam di alat seismograf kami,” tambah Adi.

Rincian gempa yang terekam di stasiun geofisika adalah Januari 28 kali gempa, Februari (39), Maret (17), April (16), dan Mei 17 kali gempa terekam.

sumber : http://malangraya.web.id/2009/06/11/malang-diguncang-gempa-tektonik-lima-detik/

About these ads

~ oleh primamoklet pada Februari 11, 2010.

Satu Tanggapan to “Malang diguncang Gempa Tektonik Lima detik”

  1. wah gempa terus ni…
    harus terus waspada ni…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: