NUN Jadi Syarat Masuk PTN, Unas Makin Ketat


Rencana menjadikan hasil Ujian Nasional (UN) menjadi syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berimbas pada ketatnya pelaksanaan UN 2010 mendatang. Rencananya untuk menghindari kecurangan, lokasi ujian untuk peserta akan diacak. Siswa dalam satu sekolah belum tentu akan mengikuti UN di sekolahnya, akan tetapi kemungkinan akan disebar di sekolah yang lainnya.

“Sesuai dengan Permendiknas yang sudah turun disebutkan bahwa lokasi ujian siswa akan diacak. Tapi bagaimana teknis lebih detilnya masih menunggu prosedur operasional standar (POS) UN,” ungkap Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Malang, Drs Sugiharto kepada Malang Post.

Pria berkumis tebal ini mencontohkan, misalnya saja siswa SMAN 3 Malang yang biasanya mengikuti UN di sekolahnya maka tahun depan tidak demikian. Siswa SMAN 3 Malang bisa jadi ditempatkan di lokasi ujian SMAN 8. Atau dalam satu ruangan bisa berisi siswa dari berbagai sekolah.

Dengan system ini maka model kecurangan yang bertujuan untuk meloloskan siswa di sekolah tertentu akan sulit dilakukan. Hanya saja ia menilai jika hal ini dilakukan bisa berpengaruh pada kondisi psikologis siswa. Karena siswa yang ujian di sekolah yang bukan tempatnya bisa merasa canggung karena tidak terbiasa.

“Walau demikian yang penting siswa harus siap. Kalau mereka sudah menguasai materi, saya yakin dimanapun mereka akan bisa melaksanakan dengan baik,” tegasnya.

Bapak dua putera ini menguraikan, meski sudah terlihat antisipasi kecurangan UN, namun hingga saat ini belum ada kepastian mengenai rencana menjadikan hasil UN 2010 menjadi syarat masuk PTN. Belum ada pemberitahuan resmi mengenai hal itu.

Ditambahkannya, secara umum pelaksanaan UN 2010 sebenarnya cukup menguntungkan bagi siswa. Karena ada kebijakan UN tahap dua dan norma kelulusan yang tetap. Hal ini cukup melegakan, karena UN ulangan ini bisa mengangkat angka ketidaklulusan yang ada.

“Biasanya kalau ada dua kali UN maka angka ketidaklulusan bisa ditekan, karena ada kesempatan kedua bagi siswa yang tidak lulus pada UN pertama,” jelasnya.

Selain itu dalam Permendiknas juga disebutkan, bahwa siswa tidak lulus UN bisa mengikuti UN tahun ini. Dalam aturan itu tidak dirinci batasan tahun kelulusan siswa. Artinya siswa yang tidak lulus pada tahun-tahun sebelumnya bisa mengikuti UN 2010 mendatang.

Untuk target kelulusan Kota Malang, pria ramah ini menegaskan Malang menargetkan angka ketidaklulusan di bawah 10 persen. Karena tidak mungkin jika ketidaklulusan mencapai 100 persen. “Kalau semua siswa lulus itu tidak wajar, jadi kalau ada yang tidak lulus itu yang normal,” pungkasnya.

sumber: http://malangraya.web.id/2009/11/19/nun-jadi-syarat-masuk-ptn-unas-makin-ketat/

~ oleh primamoklet pada Maret 22, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: