Si “Hitam Manis” ala @KopiTareeeeek


Si Hitam manis ini ga bakal sendirian, hayo temen –  temen kuiner bisa tebak ga ini apa yang bakalan saya ulas, lokasinnya pun pasti banyak temen – temen yang tahu jalan Sigura – gura Kota malang. Oke deh langsung saya saya akan menuju ke Kedai Kopi yang beda dengan tempat ngopi yang merebak di kota malang. Kedai “Kopi Tareeeeek” yang baru sekitar kurang lebih tiga minggu kemarin atau bisa dibilang tanggal 17 Juni 2012.

Mungkin sahabat @kuliner_ pada penasaran apa sih yang ada di kedai kopi tarik ini, kok bisa dibilang beda dari kedai – kedai yang lain. Kita mulai dari konsep yang di sajikan kopi tarik ini  cukup sederhana yaitu kedai dengan meja dan tempat duduk. Tempat dengan ukuran 8x6m, yang nyaman meskipun kadang suara bising jalan sigura – gura yang padat. Saat kita datang, kita akan disambut dengan Gambar Lingkaran “Aroma and Taste” di belakang meja coffee maker.

Di depan Gambar “Aroma and Taste”  berjajar rapi gelas plunger atau biasa disebut “planjer” dan cup untuk Pour Over Coffee ( penyajian kopi dengan menyaring ampas kopi) , dan tidak ketinggalan gelas dan cawan untuk vietnam drip. Lalu disebelah kirinya ada papan berisi menu – menu yang bisa dipesan, mulai dari harga Rp. 3.000,- sampai harga Rp. 8.000,- untuk minumannya. Dan untuk makanannya dari Rp. 4.000,- sampai Rp. 6.000,- . Cukup murah khan untuk kantong – kantong pelajar dan mahasiswa🙂

Sebelum mengenal lebih dalam tentang siapa sih “si manis” ini, ayo kita kenalan dulu sama empunya, Bramanto yang biasa di panggil Mas Bram ini bersama 3 teman  yang notabene sama – sama penggila kopi (coffee lovers) yang memiliki sati visi yaitu ingin menyajikan berbagai macam jenis kopi kepada semua penyuka kopi. Tentunya rasakopi yang diutamakan. Meskipun berkedok kedai kopi, disini menyediakan beberapa jenis Single Origin (SO) lokal Indonesia dan beberapa Single Origin dari Luar. Kopi SO yang disajikan pun adalah kopi dengan jenis Arabica. Mulai dari Aceh Gayo, Bali Kintamani, Bali Cobra (Kopi Jenis Colombia Brazil yang di tanam di Bali), Toraja Kalosi, dan masih ada 4 jenis lain. Dan tidak ketinggalan Kopi SO dari Ethiopia Yirgacheffe, Guetamala SHB, Java Mocca, “dengan syarat untuk kopi SO luar ini saat stok ready saja ya “, kata Mas David. Ya jadi kira – kira ada 11 jenis kopi arabica **.

Sekarang kita kenalan dengan siapa sih “Si Hitam Manis” ini?… Yak, bener banget tebakan sahabat @kuliner_ , si hitam manis ini adalah menu andalan dari Kedai “Kopi Tareeeeek” . Sama dengan namanya menu andalannya yaitu kopi tarik, yaitu kopi susu yang disajikan dengan cara menuangkan dari cawan 1 ke cawan 2, begitu juga sebaliknya sampai mendapat campuran kopi susu yang pas. Itu tadi penjelasan tentang kopi tarik, lalu proses yang ada di kedai ini bagaimana? Kita bisa melihat langsung proses pebuatannya karena dapurnya ada di dekat meja pengunjung. Bahan Kopi yang di buat dasar Kopi tarin ini saat saya tanya, Mas Iwan pun menjawab itu adalah campuran kopi robusta pilihan dengan kopi arabica pilihan juga, saat didesak lagi masih sempat mengelak ituadalah kopi khas kita, klo kami sebut itu “kopi KOPTER” . Pada cawan 1 kopi KOPTER  ini diseduh dan disaring, lalu pada cawan 2 susu kental manis yang di pakai cap “Carnation” di taruh dengan takaran yang pas pada cawan 2. Setelah kedua cawan sudah siap, saatnya memulai membuat kopi tariknya dengan menuang dari cawan 1 ke cawan 2, dengan sedikit atraksi semakin tinggi menuang antar cawan dan seolah – olah air kopi ini ditarik. Kemudian  disajikan dalam cangkir yang sudah disiapkan.

Lho. lho. lho. ini kedai apa cafe sih, isi menu kopi yang disajikan dengan kualitas bagus gitu. Kedai “Kopi Tareeeeek” ini sengaja ingin memanjakan para penikmat kopi (rasa bintang 5), dengan harga yang bersahabat. Dan tidak menutup kemungkinan yang memang ingin belajar dan tanya tentang kopi, di kedai ini juga bisa saling share pengalaman.

Cuman di Kopi Tareeeeek anda  bisa bikin kopi, teh ataupun makanan sendiri yang pastinya membuat anda tersenyum. Tareeeeek sendiri minuman anda!!! – Bramanto (Mas Bram)

Peta Kopi Tareeeeek

Itu tadi sedikit cuplikan tentang @kopitareeeeek, sahabat kuliner masih penasaran bisa langsung menuju lokasi
Alamat : Jl. Sigura – gura 32A (daerah ITN Malang)
Twitter : @KopiTareeeeek

Salam Coffee, ^^,

~ oleh primamoklet pada Juli 14, 2012.

Satu Tanggapan to “Si “Hitam Manis” ala @KopiTareeeeek”

  1. Wah lumayan ini menunya, menu yang wajib di coba,😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: