Lagu Cinta menjadi sebuah Nyanyian Cinta untuk sahabat


Hallo sahabat semua, wah sudah lama ya tidak bertemu lagi, kali ini akan saya buka dengan ulasan saya tentang sebuah “Nyanyian Cinta”. hehe.. pasti dibenak sahabat semua langsung berfikir tentang pengalaman cinta pribadi ya… hehehe tenang, tenang…
langsung aja ya sahabat, Nyanyian Cinta ini adalah sebuah buku yang berisi kumpulan cerita dari 12 Penulis dan berisi 13 Judul Cerita.

sumber : http://4.bp.blogspot.com/-YoNUNpGKS24/UXgZFKHRTSI/AAAAAAAAA4w/Hhl6RE6uo78/s1600/BIdS9CrCIAAtUa7.jpg

Omnibook Nyanyian Cinta Sumber:http://adindabintang.blogspot.com

Project Leader karangan buku ini adalah Abbas Aditya, yang suka di panggil sesuai dengan nama twitternya yaitu @abbasarap , tapi orangnya tidak sesuai namanya lho ya,, Abbas ini memiliki project Nyanyian Cinta ini dalam dua minggu. Meskipun tidak mudah mendapatkan siapa saja yang bisa bergabung dalam pembuatan omnibook ini yang awalnya sudah genap 10 penulis, tetapi mundur satu orang, dan akhirnya malah mendapat 3 penulis pengganti. Dan dimulailah sebuah projek kecil dengan nama #LaguCinta bersama 12 penulis.

Dengan ide 12 penulis dalam satu buku, yang pada dasarnya tiap penulis ini tidak semua berkumpul dalam satu kota. Pengumpulannya menurut Abbas dengan sarana media sosial dan lebih sering memakai twitter, mulai dari informasi awal sampai informasi kapan deadline tulisan (karya) harus selesai dan informasi revisi dan lain- lainnya. Pernyataan tersebut juga di amini oleh penulis yang lain dan si Abbas ini bisa dibilang paling “Cerewet” dengan deadline, namun setelah terkumpul, ada senyum simpul dari Abbas ini karena bisa menyatukan orang-orang ini untuk satu tujuan yang bahkan sebelumnya tak pernah terlintas di pikiran mereka.

IMG01415-20130602-1424

Ke enam penulis yang hadir saat Launching buku

Projek #LaguCinta ini akhirnya berubah menjadi Buku “Nyanyian  Cinta”, buku ini di tulis oleh 12 Penulis, dan saat lauching  di Gramedia yang hadir adalah 6 orang penulis yang berada di Malang dan Surabaya, siapa saja penulis yang hadir dan apa latar belakang masing – masing penulis serta apa tantangan dalam menulis karya di buku ini.

1. Abbas Aditya, Jurnalis kelahiran 11 Juli 1992 dan juga pecandu film dan kadang tak tahu bagaimana cara berpenampilan dengan baik. Selalu merasa sepi dikeramaian dan bahagia menikmati kesunyian. Orang yang selalu bermimpi duduk di bibir pantai bersama orang yang dicintai suati hari nanti. Sosok Abbas ini adalah Lead Project dari Nyanyian Cinta ini. Dan tantangan dalam menulis buku Nyanyian Cinta ini yaitu menyatukan pemikiran karena ada satu karya di Nyanyian Cinta ini yang ditulis secara Duet yang lokasinya juga berbeda.

2. Audisty Oktaviani,  Cewek yang baru banget masuk di dunia penulisan dan baru kali ini karyanya dimuat oleh menerbit. Lahir di Bandung tahun 1993, tetapi sekarang tinggal dan kuliah di Malang. Dan kata orang dari Neng Geulis jadi Cah Ayu. Tantangan dalam Menulis di Nyanyian Cinta ini cewek kelahiran bandung ini diberi waktu yang mepet oleh Abbas, dalam waktu kurang lebih satu minggu tulisan ini harus selesai. Dan dengan kesibukan kuliah memasuki semester 4 ini, harus pintar membagi waktu antara menulis dan kuliah.

3. Chey Yuanita, Perempuan pemilik nama lengkap Adistia Marise Yuanita ini lahir di Malang, 23 Juni 1989. Penikmat kopi tubruk yang doyan traveling. Cewek ini juga memiliki cerpen “Cerita Maaf” yang dipublikasikan pertama melalui E-Book (2012). Menurut Chey menulis adalah bejana imajinasi tempat dia bermain-main dengan rasa dan aksara. Tantangan dalam Nyanyian Cinta menurut cewek penyuka kopi ini adalah waktu dalam observasi, menulis dan mereviewnya sanyat mepet, tapi seru..

4. Patricia Firscha Levyta Putri, Mahasiswi penikmat buku dan musik. Sedang dalam proses belajar mengubah kata menjadi untaian yang indah karena menulis adalah kenangan dan harapan. masih terus bermimpi bisa pergi ke negeri Sakura. Meskipin diantara 12 penulis merasa paling muda, namun tidak menyusutkan kemampuan menulisnya, tetapi menjadi semangat tersendiri.

5. Siwi, lebih dikenal sebagai Chiew. Pemangsa dedaunan dan buah – buahan yang suka kalap bin lupa diri kalau bertemu mangga. Level kebahagiaannya bisa diukur berdasarkan jumlah kucing yang ada disekitar. Kadang nyinyir, tapi lebih sering dinyinyirin dan itu sudah biasa, tak ada yang istimewa. Tantangannya yaitu menulis itu harus sebaik  mungkin karena ibarat penulis itu ibunya dan karya adalah anaknya, jadi sebaik mungkin ibu itu membuat anaknya terlahir.

6. Christian Pramudia, Independen  filmmaker yang punya impian untuk mendapatkan piala Oscar suatu saat nanti. Menulis dan film adalah passion-nya sejak kecil. Tantangan dalam Nyanyian Cinta ini adalah harus pintar – pintar membagi waktu untuk menulis dengan kesibukan sehari – hari. Karya di Nyanyian Cinta ini juga dilakukan di tengah – tengah rutinitas siaran di radio swasta di Surabaya. Jadi Sambil siaran juga dapat mengkasilkan sebuah karya tulisan dalan Nyanyian Cinta ini🙂

Itu tadi sedikit tentang para penulis Nyanyian Cinta dan tantangannya, pasti menarik ya sahabat. Dengan kesibukan masing – masing namun dapat menghasilkan sebuah karya yang baik. Ditengah – tengah acara para penulis dan penerbit memberikan 10 buku gratis dimana dua diantaranya sudah ada tanda tangan dari para penulis.

Penulis memberi tantangan ke pengunjung dengan membuat puisi cinta untuk pasangan

Latar malam, karena secara tidak sengaja, pengumpulan dan informasi yaitu waktu malam, benar apa tidaknya cek ke projek leadernya ya.. hehehe…. colek @abbasarap

Yang unik dari buku ini adalah, setiap karya itu terinspirasi dari sebuah lagu, *mungkin ini yang disebut sebuah “Nyanyian” dalam buku ini* , dan apa saja lagu yang menjadi inspirasi setiap penulis dalam buku ini dan bagaimana ending setiap ceritanya. Dari buku kita bisa lihat lagu apa saja; Lala Purwono dengan lagu “Moon River – Frank Sinarta” ; Abbas Aditya feat Wulan Martina dengan lagu “Sempat Memiliki – Yovie and Nuno” ; Adinda Putri Bintang dengan lagu “Susah Jatuh Cinta – Aurel Hermansyah” ; Abbas Aditya dengan lagu “Bintang yang Meredup – Nadya Fatira” ; Audisty Oktaviani dengan lagu “Move On – Bruno Mars” ; Ricki Morais Umagapi dengan lagu “In My Dream – Super Junior” ; Taufiqur Rizal dengan lagu “Blown Away – Carrie Underwood” ; Patricia Firscha Levyta Putri dengan lagu “Anugrah Terindah – Sheila On 7” ; Wulan Martina dengan lagu “Pilih Saja Aku – Petra Sihombing” ; Chey Yuanita dengan lagu “Yogyakarta – KLa Project” ; Witra Asliga dengan lagu “Sendiri Saja – POP” ; Christian Pramudia dengan lagu “Percaya Saja – Pongky feat Sophie Navita” ; Chiw dengan lagu “Yesterday – The Beatles”. wah ternyata ada banyak ya lagunya kalau dikumpulin, kalau membaca buku dengan lagu playlistnya seperti diatas sepertinya pas banget ya… Dan kalau ditanya tentang ending saat launching kemarin mayoritas menyembunyikan endingnya dan pada bilang “baca ya di bukunya” hehe sekalian promosi itu, tapi ada juga yang blak – blakan seperti Christian Pramudia, karyanya dalam Nyanyian Cinta ini endingnya campur – campur, kalau menurut Chey Yuanita ending ceritanya menggantung, dan menurit project leadernya ending bisa seperti lagu namun dirubah, kalau dilagu sad endig maka di karyanya bisa menjadi happy ending. Waaa… Seru ya ternyata isi dari Omnibook Nyanyian Cinta terbitan Wahyu Media.

Signing Book Setelah acara Launching

Foto bersama ke enam penulis Nyanyian Cinta

Meskipun saat launching   tidak komplit personilnya, lain kali bakal kita korek ya yang lain supaya bisa bersua juga…. dan ini juga ada beberapa tips dari penulis – penulis Nyanian Cinta dalam menulis sebuah karya;
1. Apabila menulis dan menemui saat yang stag atau jenuh di tengah – tengah, maka sebaiknya rehat dahulu dan kalau sudah mood kembali maka bisa melanjutkan karyanya;
2. Apabila dalam menulis karya sebaiknya diselesaikan dahulu sampai tuntas, jangan sampai sedikit menulis lalu di review, karena metode seperti itu sering menjadi hambatan dalam menyelesaikan sebuah karya alias (gak selesai – selesai)
3. Menulislah sebuah karya dengan sepenuh hati dan umpamakan tulisan itu sebagai anak kita dan kita sebagai ibu dari tulisan itu, karena seorang ibu itu tidak akan melahirkan anak yang tidak sempurna.
4. Sering – sering membaca karena akan memperluas sudut pandang dalam menulis dan bisa menjadi ilmu tambahan. Serta sering – seringlah observasi, karena semakin detail observasi kita maka tulisan kita akan semakin menuju kesempurnaan.

Setelah kita tahu latar belakang dan seluk beluk penulis dan lagu – lagu apa saja, tidak lupa Abbas Aditya sebagai project leader juga menyampaikan bahwa royalty dari buku ini akan mereka sumbangkan ke sebuah Yayasan Tuna Rungu yang ada di Jakarta Selatan. Semoga sahabat kita dengan keterbatasan bisa tetap semangat meraih cita – cita dengan membaca. So, selamat ya.. buku Nyanyian Cinta ini sudah terbit dan ceritanyapun sangat menarik…. dan tidak lupa buku ini juga juga untuk berbagi dengan sahabat kita…

Dua penulis dari alumni SMA Negeri 7 Malang

Mbak Chiw share ilmu dengan pengunjung

Untuk sahabat kalau ingin berkenalan dengan para penulis cek aja yuk di twitter mereka, silahkan colek @abbasarap , @distyoktavia , @adindabintang , @wulanparker , @christpramudia , @chey_yuanita , @ptrcflp , @chiw , @lalapurwono , @rivki_mogi , @tarizsolis

Posted with WordPress for BlackBerry 9330 | http://CintaKopi.com
Sumber :
http://christianpramudia.wordpress.com/2013/05/08/apona-mengajarkan-saya-arti-pelukan-dalam-sebuah-nyanyian-cinta/
http://abbasarap.blogspot.com/2012/10/proyek-kecil-lagucinta.html
http://adindabintang.blogspot.com/2013/04/akhirnya-nyanyian-cinta-lahir.html

~ oleh primamoklet pada Juni 2, 2013.

Satu Tanggapan to “Lagu Cinta menjadi sebuah Nyanyian Cinta untuk sahabat”

  1. By The Way ada foto saya😀
    Salam kenal, kita kan sesama blogger. Boleh mampir ke blog Saya deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: